“Toy is only supposed to be fun!”

Masih inget nggak sih dengan jaman di mana dolanan yang paling bagus adalah dolanan tipe playsets, electronic & sounds function, dan dolanan yang bisa transform atau gattai? Dengan keterbatasan detil yang ada dulu, sepertinya kita yang mungkin pada waktu itu masih tergolong toy slave kelas teri belum terlalu peduli dengan kualitas sculpting, paintjob, dan detil. Karena buat para toy slave pada saat itu toy is only supposed to be fun!

maxresdefault
Dolanan jaman dulu yang super besar | Source: Courtesy of H16NTT1, Youtube

“It’s a wonderful time to be a toy collector! Tapi, apakah memang sebagus dan seindah itu?”

Fun atau menyenangkan mungkin saat ini kata tersebut sangat dekat dengan para toy slave, gimana nggak? Hampir semua dolanan sekarang ini punya kualitas desain yang 10 kali lipat jauh lebih bagus dari yang dulu pernah ada, it’s a wonderful time to be a toy collector! Tapi, apakah memang sebagus dan seindah itu?

Gue mungkin menjawab dengan sedikit keraguan “Hmmm..mungkin nggak selalu bagus,”. Ya.. gue siap untuk dilempari tomat dan buah-buahan busuk di panggung ini dengan statement gue barusan.

Alasan gue menggeluarkan statement tersebut adalah, kita harus akuin, banyak sekali dolanan dari produsen manapun sekarang ini hanya mengincar detil dan desain yang membahana saja tanpa memikirkan playability yang sepadan dengan harganya.

Contoh: aksesoris yang mulai menipis (dan bahkan kadang hampir nggak ada di beberapa rilisan) serta artikulasi yang super minim. Kadang sempat berpikir, okayy..ini yang gue beli sebenernya statue dengan label action figure atau gimana ya?

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah kita udah gngak bisa menemukan kembali dolanan dengan playability yang kece kayak dulu? Because..toy is suppossed to be fun, right?

Jangan salah, masih inget dengan BB-8 persembahan Sphero? Apalagi gue juga dibuat kaget dengan Imperial AT-ACT persembahan Hasbro yang rilis bulan lalu. Dengan ngandelin electronic function dan bisa dimainin menggunakan remote control yang bisa di-install di smartphone, dolanan ini bisa dibilang bangkitin rasa nostalgia kita ketika lagi happy-happy-nya sama dolanan jaman dulu.

untitled-2
Sphero BB-8 dan Hasbro AT-ACT| Source: Heavy.com

Ternyata pemikiran gue salah, dolanan-dolanan dengan playability bagus dan desain yang membahana itu tidak mustahil untuk ada, hanya sekarang kurang banyak pilihan saja.

Gue coba screenshot quotes yang menarik buat kita para toyslave yang diambil dari video Tokyo Star Wars Specialty Shop – Star Case buatan Jason Ho

Gue harap ke depannya makin banyak produsen yang bersaing nggak hanya di visual saja, tapi playability pun harus dipikirkan matang-matang.

Loading Facebook Comments ...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY