Sebagai seorang toy slave, pastinya kita udah nggak asing lagi dengan yang namanya toy hunting atau berburu dolanan. Berburu dolanan ini macem-macem caranya. Ada yang datengin toko dolanan terdekat, browsing di internet sampai nggak makan dan mandi, ketemuan sesama kolektor, sampai mampir ke event toy bazzar yang sering banget muncul tiap tahunnya.

Tapi emang nggak bisa disangkal. Beberapa dolanan yang kita incer itu kadang nggak ada di tempat-tempat yang tadi gue udah sebutin dan terpaksa untuk hunting sambil liburan ke luar negeri. Well, sebenernya, kalo stock mainan yang kita incer itu tergolong reguler dan masih diproduksi, bisa aje sih nyari di internet. Tapi, yang namanya toy slave pasti lebih doyan ketemu langsung sama barangnya dan bisa digrepe-grepe, bener nggak?

Dalam artikel berikut, gue bakalan kasih kiat-kiat untuk hunting dolanan ke luar negeri:

1. Cari Info Toko Dolanan yang Bakalan Didatengin

Ini penting banget nih brosis. Jangan dikira dengan hanya nyari dolanan doang, lo kagak perlu itenary layaknya travelling ke luar negeri. Apalagi kalau negara yang dikunjungi itu adalah Jepang atau Hong Kong. Wah… bisa mabok kalau kagak didata itu toko dolanannya.

2. Bikin Wishlist

Sama seperti hunting di dalem negeri. Coba dibikin dah tuh wishlist dolanan yang bakalan lo cari. Bagusnya sih, dikategoriin, mainan vintage dan mainan yang tergolong rilisan baru. Dari situ lo bisa sesuain dengan info toko-toko dolanan yang udah lo cari.

3. Price Check


Tidak semua dolanan di luar negeri atau di negara asalnya itu LEBIH MURAH dibandingkan dolanan yang dijual di dalem negeri. Ini musti lo perhatiin banget, JANGAN LAPER MATA! Belilah yang emang lo pengen beli. Misalkan nemu barang rilisan super baru, kan kemungkinan besar di dalem negeri juga bakalan rilis atau malah udah rilis, bandingin harganya. Kalau oke, langsung sikat!

4. Manfaatkan Koper Pribadi Sebaik Mungkin

Kalau emang niat lo ke luar negeri itu buat hunting dolanan, nggak mungkin dong lo travelling hanya dengan 1 backpack aje. Apalagi kalau lo berniat beli dolanan agak banyak. Paling nggak, lo harus bawa 2 koper 1 backpack lah. Lebih enak lagi, misalnya lo travelling bareng bokap, nyokap, ade, dan kakak, dolanan yang lo beli bisa disebar ke beberapa koper tuh. Sungkem dulu makanya ke bokap, nyokap, kakak, dan ade sebelum berangkat!

5. Box Bukan Teman Terbaik Anda

Naini dia nih, ada aja kan pasti tuh dolanan inceran lo yang mungkin box nya segede GABAN dan nggak cukup buat dimasukkin koper. Cara terbaiknya adalah, lo harus merelakan ngebawa pulang dolanan lo ke tanah air tanpa box. Bisa juga lo akalin gimana caranya utak-atik box demi menghemat ruang di koper.

6. Pertimbangkan untuk Mampir ke Event Dolanan

Selain menyiapkan tabungan untuk hunting dolanan ke luar negeri, ada baiknya untuk ngecek tanggalan ke negara tujuan yang lagi ada event/convention pop culture atau collectibles kayak: San Diego Comic-Con, Wonder Festival, Toy Soul, Tokyo Toy Show, STGCC, Tamashii Nations, All Japan Model & Hobby Show. Memang bakalan memakan banyak biaya, tapi liburan sambil hunting dolanan lo bakalan lebih worth it dan bakalan dapet dolanan-dolanan ajaib yang mungkin jarang lo dapetin.

Hunting dolanan emang gampang-gampang susah. Apapun dolanan yang lo incer, pastiin lo nikmatin banget jalan-jalannya ye! Mari menabung dan happy hunting!

Loading Facebook Comments ...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY