Pastinya udah pada nggak asing lagi nih sama produsen dolanan Funko. Itu lho, Funko itu adalah produsen dolanan yang punya salah satu lini dolanan yang cukup dikenal sama khalayak luas, namanya itu adalah Funko POP!. Kalau lo sering mampir ke toys fair atau beberapa toko dolanan yang ada di ibukota pastinya udah sering banget lah ngeliat lini dolanan yang isinya karakter-karakter dari franchise film, tv seri, video games, dan animasi yang dibikin dalam super deformed tersebut.

Rencana Funko Untuk Menjadi Perusahaan Mainan Satu Miliar DolarTapi ternyata Funko punya mimpi yang lebih besar selain menginvasi lemari dolanan kalian pakai dolanan-dolanan. Mereka kepengen jadi “perusahaan mainan satu miliar dolar” dalam lima tahun ke depan. Wih gileee, kok kayaknya pede banget ye si Funko ini? Bayangin aje, dibandingkan Hasbro dan Jakks Pacific yang biasanya berani untuk memproduksi mainan dari 4 sampai dengan 5 lisensi per tahunnya, Funko sekarang ini udah punya 200 lisensi untuk produk dolanan mereka.

11089176_977320445625883_377650283_n
pic via Vinylmation World

Berdasarkan artikel yang kita dapet dari Forbes, ternyata menurut Brian Mariotti, CEO dari Funko, hal tersebut adalah salah satu keunikan dari brand Funko sendiri. Luar biasa! Funko ini emang pinter banget, dengan biaya produksi dolanan yang nggak mahal, mereka bisa menggunakan budget mereka untuk dapetin banyak lisensi franchise gede dari ranah film, komik, video game, yang akhirnya bisa ngedatengin fanbase yang gede banget ke mereka.

bilde
Brian Mariotti, The CEO of Funko (pic via PopVinyls.com)

Yang menarik lagi, Om Brian Mariotti juga ngomong kalau salah satu kesalahan yang sampai sekarang dilakukan sama produsen dolanan lainnya, khususnya yang tergolong produsen dolanan jadul/tradisional adalah, mereka sering banget mengabaikan franchise video game. Karena menurut Om Brian, franchise itulah yang memiliki fanbase besar. Bahkan, kalau dikumpulin jadi satu, bisa ngisi penuh Madison Square Garden. Oke Om..ane catet dulu nih, kali aja berguna. Satu lagi yang bikin Funko beda dari produsen dolanan itu jelas fandom. Nggak, maksud gue bukan fandom dari tiap franchise-franchise besar yang mereka garap, tapi Funko sendiri punya fandom yang super loyal nih, brosis!

FALLOUT-3-Pop-Vinyl-Funko
Fallout 3 Funko POP! Figures (Pic via ToysREvil)

Kalau pada sering mantengin liputan event gede kayak San Diego Comic-Con atau New York Comic Con, pastinya taulah kalau booth Funko di event tersebut gedenya luar biasa dan penjaga booth-nya banyak bener. Nah uniknya, gerombolan penjaga booth yang lo liat itu bukan karyawan Funko, gaes!

The-Funko-booth-selling-cute-mini-me-figurines-of-pop-culture-items-was-overrun-by-930-a-m-Thursday-morning-
Funko Booth at SDCC (Pic via Business Insider)

Lah terus siapa dong? Ormas? Bukannn, itu semua volunteer. Siapapun bisa banget untuk daftar jadi volunteer buat Funko, tapi harus rebutan nih. Karena untuk jadi volunteer, lo harus ngantri semaleman untuk dapetin tiket lotre yang nantinya bakalan diundi. Gilee..deg-degan seru gitu ye! Keuntungan jadi volunteer buat Funko adalah, lo bisa dapetin limited edition item dari Funko. Walah..mauuuuu! Baru-baru ini, Funko udah punya 8,000 orang yang ngantri buat jadi volunteer. Fandom kayak gini lah yang disebut-sebut sampai saat ini belum dimiliki oleh produsen dolanan sebesar Lego.

funkocollect
Funko POP! Figures (pic via TheMonthlySpew)

Masih inget di kalimat gue di awal yang menyebutkan kalau Funko punya mimpi untuk menjadi “perusahaan mainan satu miliar dolar”? Well, hal tersebut makin bisa jadi kenyataan. Karena tahun lalu, Funko udah bisa menghasilkan revenue sebesar $425 million, dan diprediksikan dalam lima tahun ke depan bakalan naik terus sampai akhirnya menyentuh $1 billion. Gileee…lanjutkan lah! Yang menarik adalah 44% produk Funko yang paling laku berasal dari Batman & Star Wars, dan 55% lainnya dateng dari ranah televisi sama film. Masih mikir kalau yang ngoleksi dolanan-dolanan ini kebanyakan cuma cowok? Pikir lagi, guys, karena 55% dari konsumen Funko tuh ternyata didominasi oleh para cewek!

Para pengamat industri juga berpendapat salah satu faktor dari kesuksesan yang sekarang lagi dinikmati oleh Funko adalah karena harga dolanan mereka yang dinilai terjangkau oleh semua kalangan. Faktor lainnya jelas berkat Om Brian Mariotti sendiri. Ketika dia ngebeli perusahaan Funko yang pada saat itu hanya fokus memproduksi dolanan jenis bobblehead, begitu si Om dateng, dia langsung ngerubah itu semua. Beberapa diantaranya dia ngebuat dolanan-dolanan yang lebih unik di lini Funko POP! dan packaging yang ramah bagi para kolektor. Salut deh sama Brian Mariotti dan Funko, ditunggu gebrakan berikutnya!

Loading Facebook Comments ...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY