11 Februari 2017. 08:00 WIB. Kayak hari-hari sebelomnya, pagi itu Jakarta diguyur hujan. Tapi emang diguyurnya bukan pake gayung sih, jatoh aja gitu air dari langit. Udara dingin, bikin pengen selimutan seharian. Tapi gue dengan tekat kuat beranjak dari kasur dan mandi untuk mengikuti sebuah aksi bersama di luar sana.

Bagi sebagian masyarakat, tanggal 11 Februari 2017, sehari sebelum masa tenang pilkada mungkin jadi salah satu hari penting, karena emang di hari itu ada aksi 112 yang diikuti beberapa pihak.

Tapi ada sebagian masyarakat lagi yang milih buat ngelakuin aksi berbeda. Mungkin aksi tandingan ini enaknya disebut sebagai aksi khilaf bersama. Tenang, khilaf di sini punya konotasi positif. Karena tanggal 11-12 Februari 2017 ada event The Jakarta Toys & Comics Fair 2017 alias acara khilaf pecinta mainan.

Event ini sendiri adalah event yang ke-13. Berarti udah 13 tahun Sacca Production sebagai penyelenggara ngadain event ini.

Begitu ngelewatin tiket booth, dan dicap tangannya (tadinya gue pengen minta cap di dada, tapi repot buka baju dulu…he’eh) mata gue langsung melotot disambut EX Voltron yang bentuknya keren banget di booth Victory Toys. Rasanya pengen jadi maling aja terus ambil EX Voltron-nya, tapi gue masih inget dosa.

jtcf17a (8 of 10)
Masuk-masuk disambut satpam singa alias EX Voltron dari Toynami yang kece banget di booth Victory Toys

Nggak jauh dari Voltron tadi ada sekumpulan pengunjung yang ngerumunin sebuah box yang mirip ufo catcher. Ternyata Victory Toys udah nyiapin sebuah mesin dengan nama Magic Box. Dengan duit Rp 10.000, kalau hoki lo gede, lo bisa dapetin mainan seharga ratusan ribu sampe jutaan. Pantesan aja rame, saking ramenya gue bete. Ya udah gue tinggal aja terus gue beli susu.

jtcf17a (6 of 10)
Magic Box di booth Victory toys. RAME MULU!

Sebelah kiri dari pintu masuk, ada booth LEGO yang (kayak biasa) luasnya nggak nyantai. Gajah selusin masuk booth LEGO juga muat kayaknya. Berhubung banyak banget anak kecil di sana, gue belok ke sebelah kanan aja soalnya di sana ada booth-nya Hot Toys sama Tamashii.

Hot Toys pamerin beberapa mainan barunya kayak Cosbaby Star Wars Rogue One, Movie Masterpiece Joker Suicide Squad, dan Rey, Finn, Han Solo, Chewbacca Star Wars The Force Awakens. Iron Man dan Avengers masih jadi andalan mereka, udah keseringan bro.

Booth Tamashii Nation makin kece aja tahun ini. Dalemnya terang bener kayak karirnya Yonglek. Banyak rilisan baru atau yang bakal rilis dipamerin di sini. Mulai dari S.H.Figuarts Kamen Rider Ex-Aid, Ultra Seven, Alien Metron, Duo Street Fighter–Ryu & Chun Li yang punya display berbentuk mesin dingdong, Gavan renewal & Dol Giran, NXedge Style EVA Unit-01, dan masih banyak lagi.

jtcf17b (3 of 3)
Booth Tamashii Nations

Ada satu yang jadi rebutan orang di booth Tamashii Nation yaitu Tamashii Lab Laser Blade-nya Gavan. Lo bebas megang dan nyobain Laser Blade punyanya Gavan. Gue yang tadinya biasa aja mendadak norak soalnya buat nyalain Laser Blade ini emang kayak di film Gavan, gerakin tangan lo dan sensor bekerja. Voilà, nyala. Keren. Ternyata bukan gue aja yang norak, om di bawah ini juga norak pengen mainin.

jtcf17b (1 of 3)
Bang cara nyalainnya gimana?

Di The Jakarta Toys & Comics Fair 2017, Bima X dapet panggung yang lumayan. Karena emang bakal ada filmnya yaitu Satria Heroes. Jadi di event ini, Satria Heroes punya booth sendiri dan di sana dipajang statue life size dari Bima X. Mereka juga punya figures dari Satria Heroes dengan berbagai lini.

jtcf17 (10 of 54)Masih kayak tahun-tahun sebelomnya, The Jakarta Toys & Comics Fair 2017 masih jadi ajang khilaf mainan bagi para pecinta mainan dan juga ajang ketemu sesama kolektor mainan. Mulai dari diskon, banyaknya seller, variasi barang yang dijual, banyaknya komunitas yang ikut meriahin, cosplay, lelang, dan aktivitas seru lainnya emang masih jadi salah satu daya tarik.

Harapan gue untuk ke depannya, semoga aja di event ini bisa lebih banyak official booth dari perusahaan mainan yang ikut berpartisipasi. Mungkin Hasbro, Matell, Kotobukiya, Mezco, NECA, atau yang lainnya bisa ikut majang upcomicng product-nya secara official di event ini biar kayak di luar-luar negeri gitu. See you next year!

Facebook Comments