Di kalangan penggiat action figures terutama Fanboy Star Wars, nama Hasbro pasti udah gak asing lagi didenger. Sebelum disaingi sama produsen mainan besar kaya Bandai, NECA, maupun Medicom, Hasbro pernah ada di masa jayanya. Sebagai salah satu fans Star Wars gua pengen cerita perjalanan gua memburu Hasbro Black Series. Mulai dari jatuh cinta, kecewa, rindu, dan segala tetek bengeknya. Nah disaranin buat yang belom tau sejarah action figures Star Wars, nonton dulu video lama kita di bawah biar bisa nyambung (bisaan aja naik-naikin video lama)

Oke first of all… Gua mencoba mengingat atribut – atribut Star Wars yang pernah gua punya. Selain potongan-potongan negative film hadiah Chiki generasi 90-an gua masih inget salah satu mainan Star Wars pertama gua itu Kenner Tie Fighter Pilot, Vintage Empire Strikes Back, tahun 1982 (yoi hafal padahal googling dulu) kalo gasalah dibeliin bokap waktu gua masih kecil dan gatau mainan ini udah di mana sekarang. Ya namanya juga anak-anak kan….

Kecintaan gua sama Hasbro pada waktu itu bukan dari segi kualitas, karena Kalo ngomongin dari segi kualitas, gua akuin beberapa produsen mainan sekelas Bandai bisa bikin figure lebih bagus daripada Hasbro, cuman…

“kalo ngambil sisi history-nya menurut gua ada kebanggaan sendiri ketika lo memilih membeli mainan Star Wars rilisan Hasbro Black Series “

Kenapa begitu? Selain Hasbro adalah official Marchendise dari Star Wars sedari dulu, lo gak bisa pungkiri kalo sejarah action figure Star Wars itu bermula dari Kenner yang notabennya skrg adalah Hasbro. (udah tau belom? makannya nonton video kita di atas)

Oke balik ke cerita gue yang muter-muter ini. Akhirnya koleksi demi koleksi bertambah, tahun demi tahun demikian berganti, uang kembali habis lagi, daaan.. Hasbro Black Series akhirnya ngeluarin mainan dengan skala 6″ di tahun 2013, hari di mana gua seneng banget, dan berkata “Akhirnya koleksi action figure 6″ gua bakal ada temennya nih!”

Star-Wars-Black-Series-01-2400x1200-459613885032
Wave awal dari Star Wars Black Series 6″ | Source: Starwars.com

Pada pemburuan pertama gua, gua memburu R2D2 dan Luke Skywalker yang pake baju pilot X-Wing, diikuti sama Stormtrooper, Boba Fett dan seterusnya… dan seterusnya… namun seiring berjalannya waktu, gua semakin ngerasa “Ini kok makin gak jelas ya kualitas  action figures dari Hasbro Black Series?” Padahal seharusnya di masa-masa Star Wars: The Force Awakens nongol di layar lebar, Hasbro bisa lebih maksimal dalam pembuatan mainannya. Harusnya loh ya… Cuman ya… masih agak gimanaaaa gitu bentukannya.

Kekecewaan gua gak sampe di situ, di salah satu hari di mana gua berburu dolanan, gua dibuat kesel sama bentukan Hasbro Black Series Luke Skywalker & Leia Organa versi A New Hope. ANJEEER INI BAJU JEDI APA ANDUK WEYY…

hadeeeh napa kaya pake anduk

Gua mencoba menerima dengan lapang dada cuman kok susah ya nerimanya. Kenapa sih Hasbro enggak bikin yang bagusan dikit? Kenapa produsen lain bisa bikin jauh lebih bagus? Hasbro tuh pionir mainan Star Wars loh, kok jadi gini hadehhhh.

Keluhan demi keluhan kujalani, anxiety yang tercipta jam 3 pagi selalu menemani, sampai aku memutuskan puasa 30 hari 

Sampai datanglah suatu hari di mana kegelisahanku terjawab. Setelah Solo: A Star Wars Story nongol di bioskop, Hasbro Black Series kembali bikin gua ngiler lewat series-series film spin off Han Solo ini. Wah ini sih macem udah diputusin eh si do’i malah tambah cakep (yha gimana bang)

Semoga mulai dari wave terbaru ini Hasbro Black Series tetep mempertahankan quality control di wave-wave berikutnya, dan tetap mempertahankan kedaulatan sebagai pionir dolanan Star Wars yang disegani.

Thank You for making black series great again, Hasbro!

 

Facebook Comments